pelatihan mengenal angka anak balita
Setiap saat Anda bisa mengajarkan apa saja pada balita. Melalui aktivitas sehari-hari yang bisa langsung dilihatnya, termasuk mengenalkan angka dan huruf.
Lewat bermain, pengenalan konsep bilangan dan huruf lebih mudah diingat balita. Perkenalan balita dengan dua hal ini bisa menjadi bekal penting di sekolah.
1. Menyentuh huruf
Lewat bermain, pengenalan konsep bilangan dan huruf lebih mudah diingat balita. Perkenalan balita dengan dua hal ini bisa menjadi bekal penting di sekolah.
1. Menyentuh huruf
- Siapkan 2 set mainan huruf berukuran besar.
- Ambil satu huruf, minta anak mengambil huruf yang sama dengan yang Anda ambil.
- Sebutkan nama hurufnya. Misalnya Anda mengambil huruf R, sebutkan huruf R. Minta anak mengangkat huruf R.
- Katakan pada anak, huruf R adalah awal dari namanya. Misal, “R. Randy.”
- Lakukan untuk huruf lain, bahwa huruf yang dia pegang merupakan huruf awal dari nama orang yang dia kenal.
Anak belajar: Merasai bentuk huruf dan mengenal bunyi huruf.
2. Merangkai huruf plastik
2. Merangkai huruf plastik
- Siapkan 2 set mainan huruf ukuran besar.
- Rangkai beberapa huruf menjadi kata atau nama. Misalnya, “b-o-l-a”
- Minta anak mengucapkan setiap huruf sesuai bunyinya.
Anak belajar: Kata dibentuk dari rangkaian huruf dan setiap huruf punya bunyi yang berbeda.
3. Membaca huruf dari kartu huruf dan gambar
3. Membaca huruf dari kartu huruf dan gambar
- Sediakan kartu huruf bergambar.
- Minta anak memilih satu kartu.
- Sebutkan nama huruf yang tertera pada kartu, sebutkan gambarnya. Misalnya “A”, Anggur. “B”, Bola. “C”, Cacing, dan seterusnya.
- Cara lain adalah, susun kartu berdasar urutan alfabet.
- Ajarkan anak tentang urutan alfabet.
Anak belajar: Melihat bentuk huruf, mengenal bunyi huruf, dan urutan huruf.
4. Menghitung biji-bijian. Mengenal angka berarti mengenal konsep “banyaknya benda”. Ajarkan anak menghitung benda, bukan mengingat angka atau urutan angka.
4. Menghitung biji-bijian. Mengenal angka berarti mengenal konsep “banyaknya benda”. Ajarkan anak menghitung benda, bukan mengingat angka atau urutan angka.
- Sediakan biji kacang yang besar, yang tidak muat masuk lubang hidung dan lubang telinga. Misalnya, kacang kulit, kacang merah, sendok es krim atau stik bekas es krim.
- Ambil 10 buah, kemudian mulailah menghitung sendiri.
- Bersama anak, mulailah menghitung dari 1 sampai 10.
- Kombinasikan dengan mengambilnya 2 buah, minta anak menyebutkan jumlahnya.
Variasi permainan:
- Ambil 5 buah biji kacang. Mulai dengan mengurangi. Ambil 2 buah biji, kemudian minta anak menghitung sisanya.
- Coba penambahan. Ambil 5 buah biji kacang. Pisahkan menjadi 2 dan 3. Tambahkan 2 dengan 1, minta anak menghitung jumlahnya.
- Minta anak melihat dari yang tampak: mana lebih banyak, 3 atau 2.
Anak belajar: Konsep membilang, konsep mengurangi dan menambah, konsep lebih banyak dan lebih sedikit.
5. Belanja buah. Prinsip menghitung pada anak balita adalah melihat dan menyentuh benda.
5. Belanja buah. Prinsip menghitung pada anak balita adalah melihat dan menyentuh benda.
- Libatkan anak berbelanja buah. Siapkan plastik, minta anak memasukkan ke dalamnya 3 buah apel berwarna pink.
- Siapkan kantong plastik lain, minta anak memasukkan ke dalamnya 2 buah pear warna kuning.
- Siapkan kantong plastik lain, minta anak memasukkan 5 buah jeruk.
Anak belajar: Konsep jumlah dan warna
6. Mengenal bentuk angka. Mengenalkan angka berarti juga mengenalkan konsep tulisan atau bentuk angka. Misalnya 3 = tiga buah jeruk.
6. Mengenal bentuk angka. Mengenalkan angka berarti juga mengenalkan konsep tulisan atau bentuk angka. Misalnya 3 = tiga buah jeruk.
- Sediakan mainan angka dari bahan plastik.
- Sediakan benda seperti biji, buah atau sendok.
- Minta anak mengambil 3 buah sendok, sementara Anda mengambil angka 3. Letakkan angka 3 di dekat 3 buah benda tadi.
- Lakukan beberapa kali dengan jumlah yang berbeda-beda.
- Bergantian dengan anak, sediakan benda sejumlah tertentu, kemudian minta anak menyiapkan angka pada mainannya.
Variasi permainan:
- Gunakan kartu bergambar bertuliskan angka. Ambil satu kartu, minta anak menghitung jumlah gambar yang tercantum. Anda sebutkan angka yang tertulis pada kartu itu.
- Sediakan buku aktivitas yang di dalamnya terdapat gambar benda dan angka yang menunjukkan jumlah benda itu.
- Minta anak mengikuti bentuk angka dengan jari telunjuknya. Bila anak masih kecil, pegang tangannya, gerakkan tangannya mengikuti bentuk angka.
Anak belajar: Mengenal bentuk angka dan memahami jumlah dengan simbol angka.
7. Memancing huruf dan angka
7. Memancing huruf dan angka
- Buat huruf dan angka dari styrofoam tipis.
- Jiplakkan huruf dan angka dari bahan styrofoam tadi di atas kertas stiker spotlight beberapa warna. Buka stiker, rekatkan pada angka dan huruf. Sekarang, Anda punya huruf dan angka berwarna-warni.
- Ikat setiap huruf dan angka dengan tali kenur.
- Masukkan semua huruf dan angka ke dalam ember, dengan tali atau benang menjulur keluar.
- Minta anak mengambil satu. Lihat angka atau huruf yang dia ambil, bantu anak menyebut angka atau huruf yang ada di ujung tali.
- Lakukan beberapa kali. Ulangi permainan ini kapan pun anak ingin memainkannya
Anak belajar: Angka dan huruf
8. Memisahkan warna, ukuran dan bentuk. Anak-anak senang memilah mainannya dan menghitungnya satu persatu.
• Gunakan kotak mainan anak yang berisi balok warna-warni.
• Minta anak memisahkan warna merah, kuning, biru dan hijau
• Minta anak menghitung jumlah setiap warna.
Variasi:
• Pisahkan sesuai bentuk, misalnya pisahkan segi tiga dari segi empat
• Pisahkan sesuai ukuran. Pisahkan yang kecil dari yang besar.
Anak belajar: Jumlah, warna, bentuk dan ukuran.
9. Mewarnai angka dan huruf
8. Memisahkan warna, ukuran dan bentuk. Anak-anak senang memilah mainannya dan menghitungnya satu persatu.
• Gunakan kotak mainan anak yang berisi balok warna-warni.
• Minta anak memisahkan warna merah, kuning, biru dan hijau
• Minta anak menghitung jumlah setiap warna.
Variasi:
• Pisahkan sesuai bentuk, misalnya pisahkan segi tiga dari segi empat
• Pisahkan sesuai ukuran. Pisahkan yang kecil dari yang besar.
Anak belajar: Jumlah, warna, bentuk dan ukuran.
9. Mewarnai angka dan huruf
- Sediakan buku mewarnai yang terdiri dari gambar dan huruf, atau gambar dan angka.
- Sediakan krayon atau pinsil warna
- Secara bergantian, Anda mewarnai gambarnya, sementara anak mewarnai angka atau huruf.
- Sebutkan bunyi huruf yang diwarnai anak. Misalnya, “H” seperti hhh. Untuk mengawali kata “handuk”.
- Sebutkan angka yang diwarnai anak.
Pakai Lagu Juga Bisa
• Balonku Ada Lima
• Dua Mata Saya
• B-I-N-G-O
• ABC
0 Response to "pelatihan mengenal angka anak balita"
Post a Comment